Memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-84 Tahun 2012

Hari Sumpah Pemuda Ke-84 Tahun 2012
Memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-84 Tahun 2012 - Salam Pemuda! Kembali hari yang menjadi memontum sejarah akan diperingati bangsa tercinta ini. Hari yang dikenal sebagai Hari Sumpah Pemuda (HSP) merupakan hari yang sangat bersejarah dalam perjuangan dan telah tercatat dengan tinta emas dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Hari Sumpah Pemuda menjadi penting tidak saja karena isinya tentang persatuan dan kesatuan bangsa yang tentu saja sangat substansial dalam pembangunan nation and character building, tetapi yang lebih heroik adalah karena ikrar persatuan dan kesatuan bangsa dilontarkan oleh para pemuda yang patriotik di tengah-tengah hegemoni kolonialisme penjajahan.

Sumpah Pemuda yang lahir dari Kongres Pemuda ke-II merupakan salah satu bagian dari proses konsolidasi kebangsaan menuju cita-cita Indonesia merdeka. Sumpah Pemuda telah berhasil menyatukan gerak langkah seluruh bangsa untuk melakukan perlawanan terhadap kolonialisme dan imperialisme yang telah menjajah selama lebih dari tiga setengah abad.

Sumpah Pemuda juga telah memberikan semangat dan motivasi baru bagi bangsa ini untuk memperjuangkan nasib dan eksistensinya sebagai bangsa yang merdeka, bersatu dan berdaulat. Sumpah Pemuda telah memberikan inspirasi terhadap seluruh anak bangsa untuk tetap menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ikrar Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928

SOEMPAH PEMOEDA

Pertama,
KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA, MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH INDONESIA.

Kedoea,
KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE BANGSA INDONESIA.

Ketiga,
KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA, MENJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN BAHASA INDONESIA.

Mengusung tema "Dengan Sumpah Pemuda, Kita Mantapkan Kemandirian, Kreatifitas dan Identitas Kebangsaan Menuju Komunitas ASEAN 2015", pada tanggal 28 Oktober ini Bangsa Indonesia akan memperingati Hari Sumpah Pemuda, yang pada tahun ini telah berusia 84 tahun.

Dengan memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-84 tahun 2012, mari kobarkan semangat untuk menuju masa depan yang lebih menggairahkan, semangat bagi Bangsa Indonesia untuk tetap dan terus bersama-sama membangun nilai-nilai persaudaraan, kegotongroyongan, sembari memantapkan identitas berhadapan masa depan yang semakin mengglobal, plural, dan multikultural.

Marilah kita panjatkan rasa syukur kepada Allah SWT, sehingga tanggal 28 Oktober 2012 kita dapat memperingati Hari Sumpah Pemuda, yang pada tahun ini telah berusia 84 tahun. Kepada Tuhan Yang Maha Kuasa kita berharap agar sekiranya berkenan untuk senantiasa menganugerahkan kedamaian, kesejahteraan, kasih sayang dan berkah melimpah di negeri kita ini. Jayalah Pemuda Indonesia!