Kiat dan Tips Memilih Program Studi

Kiat dan Tips Memilih Program Studi - Program Studi apa yang tepat untuk saya? Dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi merupakan impian dan dambaan bagi setiap siswa/siswi yang baru saja menyelesaikan atau menamatkan sekolah pada jenjang pendidikan menengah atas. Namun tidak jarang para siswa/siswi merasa bingung ketika akan memilih mau masuk ke perguruan tinggi mana atau memilih program studi apa.

Kiat dan Tips Memilih Program Studi

Untuk melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi dan sebelum memilih program studi apa yang akan dipilih, seorang calon mahasiswa terlebih dahulu harus dapat mengukur kemampuan akademik yang dimiliki, menentukan program studi yang diminati dan menentukan jenis program studi yang diinginkan.

Seorang calon mahasiswa harus selalu mencari informasi mengenai perguruan tinggi mana yang menyelanggarakan program studi yang diminati tersebut. Termasuk menanyakan pada diri sendiri, apa yang menjadi cita-cita saya? Keahlian apa yang diperlukan bila saya memilih karir tertentu? Sanggupkah saya belajar jauh dari orang tua? Serta, Berapa dana yang dibutuhkan?

Ada banyak kiat dan tips yang diberikan berbagai kalangan terkait memilih suatu program studi. Namun hal pertama yang harus diperhatikan dalam memilih program studi adalah minat yang akan berkaitan dengan bidang studi yang hendak ditekuni.

Untuk memilih program studi hendaknya tidak segan mencari informasi termasuk bertanya kepada orangtua, teman, guru maupun bertanya kepada orang yang telah terjun langsung ke dunia kerja di bidang yang diminati, karena kuliah akan menentukan bidang karir yang akan dituju. Calon mahasiswa dapat memanfaatkan fasilitas Internet mencari informasi yang berhubungan dengan perguruan tinggi, yaitu melalui website (situs) dari perguruan tinggi yang akan dituju.

Intinya ada beberapa hal yang dapat dijadikan sebagai pertimbangan ketika akan memilih program studi, antara lain yaitu tentukan program studi apa yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki; tentukan program studi yang sesuai dengan cita-cita dan keahlian yang dimiliki; pertimbangkan biaya seandainya memilih program studi tersebut; lihat reputasi dan status dari perguruan tinggi yang dipilih; fasilitas pendidikan apa saja yang tersedia dari perguruan tinggi yang dipilih; serta lihat kualitas dan kuantitas dosen yang dimiliki dari perguruan tinggi yang dipilih.

Semoga dapat menentukan pertimbangan yang tepat dalam memilih program studi yang dipilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi demi cita-cita dan masa depan.