Festival Mendongeng Nasional 2013

Festival Mendongeng Nasional 2013 ~ Mendongeng atau storytelling adalah kebiasaan turun temurun yang dilakukan oleh leluhur sebagai pengantar tidur anak. Dongeng untuk anak selalu mengandung nilai-nilai keteladanan, kebaikan, dan kejujuran.

Festival Mendongeng Nasional 2013

Sayang zaman sekarang anak-anak jarang mengenal dongeng, karena selain orang tua sibuk bekerja, guru di sekolah pun tidak terbiasa bercerita, mendongeng, atau menulis dongeng yang disesuaikan dengan kondisi dan perubahan zaman. Dongeng yang baik adalah dongeng yang tidak bersifat menggurui dan menakuti tetapi mampu mempengaruhi daya pikir ke arah pembentukan karakter anak sesuai dengan yang diharapkan. Untuk itu dongeng atau storytelling zaman sekarang perlu disesuaikan dengan kemampuan daya pikir anak yang sudah mengenal berbagai peralatan elektronik (gadget) audiovisual dan digital. Anak-anak kini perlu dibuatkan dongeng/cerita yang berakar dari kultur budaya Indonesia yang mengandung nilai-nilai luhur yang didongengkan secara menarik sesuai dengan kondisi zaman.

Guna menumbuhkan kembali kebiasaan mendongeng, Klub Perpustakaan Indonesia (KPI) mengadakan Festival Mendongeng/storytelling Nasional 2013. Klub Perpustakaan Indonesia (KPI) mengundang Bapak/Ibu/Sdr Guru/Pustakawan dari PAUD, TK/RA, SD/MI, dan yang setara, serta komunitas pencinta/pemerhati/penulis dongeng untuk mengikuti Festival Mendongeng Nasional 2013.

Penyelenggaraan Festival Mendongeng Nasional tahun 2013 ini juga didukung dan dibantu oleh berbagai pihak yang peduli akan pembangunan karakter anak bangsa.

Tema Dongeng

Bebas, mengandung unsur yang bersifat nasionalis, heroik, religius, humanis, dan pluralis, ditujukan untuk anak usia 5 s.d. 9 tahun.

Seleksi Final
  • Berdasarkan seleksi dan penilaian naskah yang masuk, oleh dewan juri akan ditentukan 15 orang nomine sebagai finalis.
  • Peserta yang masuk nomine/finalis akan dipanggil ke Jakarta pada tanggal 27 s.d. 30 Mei 2013 untuk mengikuti final.
  • 100 orang pertama yang mengirim naskah untuk mengikuti Festival Mendongeng diundang menghadiri Seminar dan Workshop tentang Penulisan Cerita Anak dan Mendongeng pada tanggal 28 Mei 2013 secara cuma-cuma.

Untuk ketentuan dan persyaratan lebih lanjut dapat dilihat di Brosur Festival Mendongeng Nasional 2013. Semoga bermanfaat.