Memilih Guru Privat Yang Sesuai Kebutuhan

Memilih Guru Privat Yang Sesuai Kebutuhan~Guru Privat saat ini dapat dikatakan telah menjadi suatu kebutuhan. Guru privat tidak hanya dapat membantu untuk mengerti atau memahami akan materi pelajaran yang sulit, namun sama seperti pelatih pribadi, guru privat juga dapat menjaga untuk tetap termotivasi belajar.

Memilih Guru Privat Yang Sesuai Kebutuhan

Tak dipungkiri saat ini banyak dari para orang tua yang harus menguras pikiran ketika melihat hasil belajar sang anak yang tidak kunjung membaik, walaupun sudah diikutkan berbagai macam les atau kursus privat namun nilai sang anak tetap juga tidak berubah.

Terlebih lagi menjelang ujian sekolah atau ujian nasional, para orang tua tentu harus lebih ekstra keras mengawasi dan membimbing anak belajar. Ketika menemui kesulitan, para orang tua terkadang membutuhkan bantuan dari guru privat. Namun, bagaimana memilih guru privat yang sesuai kebutuhan?

Mengutip dari suatu sumber, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kredibilitas sang calon guru privat. Kita perlu menanyakan kualifikasi orang yang akan kita sewa sebagai tutor pribadi atau guru privat. Jika perlu, minta mereka menunjukkan bukti kualifikasi tersebut dengan menunjukkan curriculum vitae (CV) dan berbagai sertifikat yang mereka miliki. Jika calon guru privat tersebut masih mahasiswa, mintalah dia menunjukkan transkrip nilai kuliah. Kita harus mengetahui bahwa dia menguasai materi pelajaran yang dibutuhkan.

Setelah menemukan calon guru privat yang sesuai kualifikasi, langkah berikutnya adalah bertanya tentang berapa biaya. Pastikan kita sudah melakukan sedikit riset tentang kisaran biaya menggaji guru privat. Lalu, sepakati harga dan metode pembayaran jasa guru privat yang kita sewa, apakah di setiap akhir sesi, mingguan atau bulanan.

Kita perlu juga merumuskan rencana aksi bersama sang guru untuk menetapkan target yang ingin dicapai dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk itu. Misalnya, kita hanya butuh dibantu untuk satu semester, maka sampaikan tentang hal itu di muka ketika menyusun timeline belajar. Pastikan juga berapa kali dalam seminggu akan bertemu sang guru dan untuk berapa lama setiap sesinya. Tentukan juga lokasi dan waktu belajar.

Jika sejak awal kita telah tidak yakin dengan calon guru privat yang ingin kita sewa, lanjutkan ke kandidat berikutnya. Ada banyak guru privat yang dapat membantu kita mencapai target pendidikan bagi sang anak.