SNMPTN 2013, Kelulusan Digugurkan Jika Ikut SBMPTN

SNMPTN 2013, Kelulusan Digugurkan Jika Ikut SBMPTN | IDAMANSEO ~ Hasil SNMPTN 2013 telah diumumkan kemarin. Dari total 765.531 peserta yang mendaftar, ada sebanyak 133.604 peserta dinyatakan lolos seleksi SNMPTN 2013. Namun, bagi para peserta yang lolos seleksi belum sepenuhnya diterima oleh perguruan tinggi negeri yang bersangkutan. Para peserta baru dinyatakan diterima jika pihak perguruan tinggi negeri masing-masing sudah melakukan verifikasi data akademik dan data kemampuan ekonomi siswa yang dinyatakan lolos SNMPTN.

SNMPTN 2013, Kelulusan Digugurkan Jika Ikut SBMPTN

Lantas, bagi peserta yang sudah lolos dijalur SNMPTN 2013 ini apakah juga boleh ikut SBMPTN?

Mengutip kabar dari rilis laman Kompascom (28/5), Ketua SNMPTN 2013 Akhmaloka menyampaikan, bagi peserta yang sudah dinyatakan lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dianjurkan untuk tidak ikut Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Panitia Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 memberlakukan peraturan ketat pada para peserta yang dinyatakan lolos seleksi ini. Mereka harus mempertaruhkan kelulusan di jalur seleksi nilai rapor ini jika memutuskan mengikuti seleksi jalur tertulis atau yang dikenal dengan nama Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), bulan depan.

Akhmaloka mengakui bahwa setiap peserta yang dinyatakan lolos SNMPTN 2013 tetap memiliki hak untuk mengikuti tes lainnya. Apalagi, jika ada siswa yang masih merasa kurang puas karena tidak lulus di pilihan pertamanya di SNMPTN 2013.

"Tapi kalau ikut tes SBMPTN, keterterimaannya di SNMPTN itu digugurkan. Kami coret dari keterterimaannya di SNMPTN," ungkapnya dalam keterangan pers di kampus Institut Teknologi Bandung (ITB), Senin (27/5/2013) sore.

Rektor ITB ini mengatakan, sebenarnya dirinya tidak menganjurkan mereka yang sudah lolos SNMPTN untuk ikut lagi dalam seleksi tertulis. Ini semata-mata agar tidak mengurangi peluang siswa-siswa lainnya yang memang tidak lulus seleksi nilai rapor sebelumnya.

Sementara itu, untuk SBMPTN 2013 atau seleksi tertulis berdasarkan jadwal akan digelar pada 18-19 Juni serta 20-21 Juni 2013. Sedangkan pendaftarannya telah dibuka pada 13 Mei lalu dan akan ditutup 7 Juni 2013.