Tes CPNS, Wawasan Kebangsaan Penting Untuk Dipelajari

Tes CPNS, Wawasan Kebangsaan Penting Untuk Dipelajari
Tes CPNS, Wawasan Kebangsaan Penting Untuk Dipelajari | Idamanseo ~ Soal tes kompetensi dasar (TKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) tidak saja untuk menguji kemampuan intelegensia, tetapi juga karakteristik pribadi seseorang. Selain itu, hal-hal terkait dengan wawasan kebangsaan menjadi penting untuk dipahami peserta tes CPNS 2013.

Jelang tes kompetensi dasar CPNS tanggal 3 November 2013, bagi pelamar umum dan tenaga honorer kategori 2 (K-2) yang akan mengikutinya diminta mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin agar dapat mengikuti ujian dengan baik dan menjawab soal-soal ujian dengan benar. Peserta tes juga diminta untuk menghindari kecurangan-kecurangan, seperti adanya pihak-pihak yang menawarkan jalan pintas.

Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Eko Prasojo mengatakan, soal TKD untuk pelamar umum maupun untuk honorer K-2 yang menggunakan sistem lembar jawab komputer (LJK) tidak sama. Namun setiap soal terdiri dari tiga kelompok soal, yakni wawasan kebangsaan, intelegensia umum, dan karakteristik pribadi.

"Untuk wawasan kebangsaan, kami harap peserta dapat belajar lebih intensif lagi, agar hasilnya lebih bagus," ujarnya, di Jakarta, Kamis, seperti dikutip dari situs Menpan (1/11/2013).

Selain itu, menurut Wakil Menteri PANRB, dengan belajar wawasan kebangsaan maka pengetahuan tentang empat pilar, yang meliputi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI akan lebih dipahami.

"Calon PNS harus memahami wawasan kebangsaan," ujar Wakil Menteri PANRB Eko Prasojo yang juga Guru Besar FISIP UI ini.

Ditambahkan, dari pengalaman tahun lalu banyak peserta TKD yang wawasan kebangsaannya tidak lolos passing grade. Mungkin hal itu terjadi karena para peserta tes kurang intensif dalam mempelajari materi empat pilar, tetapi lebih konsen pada materi lain. "Mudah-mudahan kasus seperti itu tidak terulang tahun ini," tambahnya.

Tes CPNS, Wawasan Kebangsaan Penting Untuk Dipelajari

Kisi-Kisi Tes Kompetensi Dasar (TKD) CPNS 2013

Tes kompetensi dasar (TKD) dimaksudkan untuk menggali pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku peserta ujian yang meliputi wawasan nasional, regional, dan internasional maupun kemampuan verbal, kemampuan kuantitatif, kemampuan penalaran, kemampuan beradaptasi, pengendalian diri, semangat berprestasi, integritas, dan inisiatif.

Kisi-kisi tes kompetensi dasar (TKD) seleksi CPNS 2013 terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Selengkapnya kisi-kisi tes kompetensi dasar dapat dilihat di Perka BKN Nomor 9 Tahun 2012 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil.