Peringatan Hari Ibu (PHI) Ke-85 Tahun 2013

Peringatan Hari Ibu (PHI) Ke-85 Tahun 2013
Peringatan Hari Ibu (PHI) Ke-85 Tahun 2013 | Idamanseo ~ Hari Ibu oleh bangsa Indonesia diperingati pada tanggal 22 Desember setiap tahunnya. Dilaksanakannya Peringatan Hari Ibu (PHI) setiap tahun ini merupakan upaya bangsa Indonesia untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia yang telah berjuang dalam merebut kemerdekaan. Tahun 2013, Hari Ibu diperingati untuk yang ke-85 kalinya.

Peringatan Hari Ibu ke-85 tahun 2013 dimaksudkan untuk senantiasa mengingatkan seluruh rakyat Indonesia, terutama generasi muda akan makna Hari Ibu sebagai momentum kebangkitan, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan kaum perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari kebangkitan dan perjuangan bangsa Indonesia.

Makna Peringatan Hari Ibu (PHI) Ke-85 Tahun 2013
  1. Peringatan Hari Ibu ke-85 menunjukkan bahwa perjuangan kaum perempuan Indonesia telah menempuh jalan panjang dalam mewujudkan peranan dan kedudukan perempuan Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam rangka menuju kemerdekaan Indonesia yang aman, tentram dan damai serta adil dan makmur.
  2. Merupakan momentum untuk merenungkan tentang apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum tercapai oleh kaum perempuan Indonesia untuk kepentingan perempuan Indonesia khususnya dan Bangsa Indonesia pada umumnya.
  3. Memberikan kesempatan untuk mengoreksi kekurangan dan kelemahan yang dihadapi kaum perempuan Indonesia dalam memperjuangkan peranan dan kedudukannya dalam kancah kehidupan berbangsa dan bernegara.
  4. Sesungguhnya perjuangan meningkatkan peranan dan kedudukan kaum perempuan Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara masih panjang, namun keberhasilan yang telah dicapai selama ini hanyalah langkah awal dalam menuju cita-cita kemerdekaan Indonesia yang aman, tentram dan damai serta adil dan makmur.

Tema, Subtema dan Slogan Peringatan Hari Ibu Ke-85 Tahun 2013

1. Tema utama

"Peran Perempuan dan Laki-laki dalam Mewujudkan Demokrasi yang Partisipatif dan Pembangunan yang Inklusif"

2. Sub Tema
  • Penguatan pendidikan dan partisipasi perempuan dan laki-laki dalam politik.
  • Pengembangan inovasi dan teknologi untuk meningkatkan kualitas SDM dalam pembangunan.
  • Toleransi dan kerukunan untuk keutuhan NKRI, dimulai dari keluarga.
  • Penguatan SDM dan ekonomi kreatif guna menghadapi tantangan ekonomi global.
3. Slogan
  • Perempuan Maju, Indonesia Sejahtera.
  • Perempuan dan Laki-laki Setara, Pembangunan Berkelanjutan.
  • Keluarga Harmonis, Indonesia Kuat.
  • Keluarga Sehat, Ekonomi Kuat.

Selengkapnya dirilis situs menegpp.go.id, berikut link unduh Pedoman Penyelenggaraan Peringatan Hari Ibu (PHI) Ke-85 Tahun 2013.