10 Jurusan Kuliah Favorit Paling Diminati

10 Jurusan Kuliah Favorit Paling Diminati
10 Jurusan Kuliah Favorit Paling Diminati | Idamanseo ~ Memilih jurusan kuliah atau program studi yang tepat menjadi tantangan tersendiri bagi para calon mahasiswa ketika akan menempuh bangku perkuliahan. Calon mahasiswa akan dihadapkan pada pilihan untuk menentukan jurusan kuliah yang akan dipilih. Penting untuk memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat.

Selain passion, tentu akan menjadikan prospek kerja sebagai faktor utama yang mendasari pilihan jurusan kuliah. Untuk menemukan jurusan kuliah yang sesuai pula, carilah informasi sebanyak-banyaknya. Informasi di internet, diskusi dengan senior atau alumni dari jurusan tersebut juga sangat berguna.

Data Litbang Koran Sindo, Kamis (8/5/2014) menunjukkan, ada sepuluh jurusan kuliah yang menjadi favorit dan incaran siswa SMA/sederajat. Seperti diikutip dari Okezonecom (9/5/2014), berikut 10 jurusan kuliah favorit yang bisa dipertimbangkan.

1. Ekonomi
Selain minat mendalami ilmu ekonomi, siswa memilih ilmu ekonomi karena prospek kerjanya yang sangat luas. Faktor ini biasanya lebih mendominasi.

2. Komunikasi
Passing grade tinggi dalam seleksi pada ilmu komunikasi tidak menyurutkan minat siswa memilih bidang kajian ini. Lapangan kerja dan pergaulan yang luas menjadi keuntungan pemilih ilmu komunikasi di bangku perguruan tinggi.

3. Psikologi
Keunikan psikologi menjadi daya tarik siswa mengambil jurusan ini. Psikologi mengajari kita cara membaca perilaku dan kondisi mental seseorang. Psikolog juga diharapkan mampu menemukan solusi atas permasalahan yang tengah dihadapi seseorang terkait dengan tingkah lakunya.

4. Hubungan Internasional
Banyak orang tertarik ilmu hubungan internasional karena sifatnya yang lintas disiplin. Di jurusan ini, kita dapat mempelajari aspek baik politik, sosial, ekonomi, dan budaya dengan perspektif dunia internasional. Kebanyakan lulusan hubungan internasional berharap menjadi atase atau diplomat.

5. Kedokteran
Inilah primadona dari kelompok ilmu eksakta. Tidak hanya cerdas, mahasiswa kedokteran juga harus teliti karena keputusan yang akan diambilnya sebagai dokter berhubunguan dengan nyawa seseorang.

6. Teknologi Informasi
Sarjana teknologi informasi sangat dibutuhkan di era globalisasi, mengingat perkembangan teknologi informasi sangat pesat. Prospek kerja yang besar ini membuat jurusan teknologi informasi menjadi favorit.

7. Akuntansi
Ini termasuk ilmu yang sulit namun banyak peminat. Prospek kerja lulusan akuntansi masih sangat dibutuhkan perusahaan. Gaji tinggi juga menjadi salah satu pertimbangan pemilihan jurusan akuntansi.

8. Hukum
Lulusan ilmu hukum dapat bekerja di berbagai sektor, baik negeri maupun swasta. Cakupan ilmunya yang luas, seperti hukum pidana, perdata, internasional dan lain-lain, membuat banyak orang tertarik mendalami bidang tersebut.

9. Teknik Pertambangan dan Perminyakan
Keberadaan jurusan teknik pertambangan dan perminyakan diperlukan sebagai jawaban atas kebutuhan akan sumber daya manusia yang mumpuni untuk mengelola hasil alam Indonesia. Alasan lainnya, prospek karier dan standar gaji lulusan kedua jurusan ini termasuk tinggi.

10. Sastra Inggris
Mahasiswa jurusan ini tidak hanya belajar bahasa Inggris, tetapi juga budaya. Jurusan sastra Inggris masih menjadi favorit karena bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan dalam komunikasi lintas negara.