Nomor Induk Siswa Nasional | Mencari dan Melihat NISN di Pusat Layanan NISN

Nomor Induk Siswa Nasional | Mencari dan Melihat NISN di Pusat Layanan NISN - Nomor Induk Siswa Nasional atau yang disingkat dengan NISN adalah nomor atau kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah se-Indonesia. Adapun mekanisme penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut prosesnya dilakukan secara otomatis oleh mesin komputer pada Pusat Layanan NISN. Penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut berdasarkan pengajuan atau masukan (entry) sumber data siswa yang telah divalidasi/diverifikasi oleh setiap sekolah dan atau Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten secara online..

Nomor Induk Siswa Nasional | Mencari dan Melihat NISN di Pusat Layanan NISN

Selengkapnya seperti dikutip dari website atau situs resmi NISN, berikut merupakan penjelasan singkat tentang NISN.

NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) merupakan layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara nasional yang dikelola oleh Pusat Data dan Statistik Kemdiknas yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan Nasional. Layanan NISN menerapkan sistem komputerisasi yang terpusat dan online untuk pengelolaan nomor induk siswa skala nasional sesuai Standar Pengkodean yang telah ditentukan. Setiap siswa yang terdaftar pada Layanan NISN akan diberi kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah se-Indonesia. Mekanisme penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut prosesnya dilakukan secara otomatis oleh mesin komputer pada Pusat Layanan NISN. Penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut berdasarkan pengajuan atau masukan (entry) sumber data siswa yang telah divalidasi/diverifikasi oleh setiap sekolah dan atau Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten secara online.. Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh Pusat Sistem NISN tersebut ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN (http://nisn.data.kemdiknas.go.id./).

Tujuan dan Manfaat NISN

- Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
- Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit-unit Kerja di Kemdiknas, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
- Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: BOS (Bantuan Operasional Sekolah), Ujian Nasional, Pangkalan Data dan Informasi Pendidikan, Sistem Informasi Manajemen Sekolah hingga Beasiswa.

Mencari dan Melihat NISN di Pusat Layanan NISN

1. Untuk mengetahui atau melihat NISN dapat dilihat pada menu 'Data Siswa' di situs NISN di http://nisn.data.kemdiknas.go.id.

Nomor Induk Siswa Nasional | Mencari dan Melihat NISN di Pusat Layanan NISN(Nomor Induk Siswa Nasional/nisn.data.kemdiknas.go.id)

2. Penelusuran atau pencarian NISN dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu Pencarian berdasarkan NISN (caranya dengan memasukkan NISN) dan Pencarian berdasarkan Nama (caranya dengan memasukkan nama siswa, tempat lahir dan tanggal lahir).

Nomor Induk Siswa Nasional | Mencari dan Melihat NISN di Pusat Layanan NISN(Nomor Induk Siswa Nasional/nisn.data.kemdiknas.go.id)

Namun meskipun cara mencari dan melihat NISN terlihat cukup mudah, tetapi terkadang masih banyak juga yang tidak atau belum menemukan NISN yang dicari. Bila data NISN belum tercantum di data pencarian, ada baiknya untuk melihat informasi dan pertanyaan seputar NISN yang dapat dicek di menu FAQ pada situs NISN. Bila setelah mencoba berkali-kali dan benar benar tidak menemukan NISN, informasi lebih lanjut silahkan menghubungi Pusat Bantuan NISN di menu 'Kontak Kami' di situs resmi NISN.

Semoga bermanfaat.

Update: Untuk Cek NISN, saat ini pengecekan NISN yang telah diajukan bisa dicek kolektif per sekolah dan dapat dilihat di website Sistem Informasi Peserta Didik Pusat Data dan Statistik Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Untuk melihat post terkait Pengecekan Terbaru NISN Secara Kolektif Per Sekolah silahkan lihat di sini.