Peringatan Hari Ibu Ke-84 Tahun 2012

Peringatan Hari Ibu Ke-84 Tahun 2012
Peringatan Hari Ibu Ke-84 Tahun 2012 - Peringatan Hari Ibu (PHI) oleh bangsa Indonesia diperingati pada tanggal 22 Desember setiap tahunnya. Dilaksanakannya peringatan Hari Ibu setiap tahun ini merupakan upaya bangsa Indonesia untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia yang telah berjuang dalam merebut kemerdekaan.

Tekad dan perjuangan kaum perempuan Indonesia untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia, dilandasi oleh cita-cita dan semangat persatuan dan kesatuan menuju kemerdekaan Indonesia yang aman, tentram, damai, adil dan makmur, telah dinyatakan semenjak Kongres Perempuan Indonesia yang pertama kali pada tanggal 22 Desember 1928 di Yogyakarta.

Peristiwa tersebut merupakan tonggak sejarah bagi perjuangan kaum perempuan Indonesia dan senantiasa diperingati tiap tahunnya oleh bangsa Indonesia, baik laki-laki maupun perempuan, dimanapun berada baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Pada Kongres Perempuan Indonesia ke III tahun 1938 di Bandung ditetapkan tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu. Kemudian oleh pemerintah Republik Indonesia berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional Yang Bukan Hari libur, Hari Ibu tanggal 22 Desember dijadikan hari nasional yang diperingati setiap tahun secara khidmat dan penuh makna oleh segenap bangsa Indonesia. Tahun 2012, Hari Ibu diperingati untuk yang ke-84 kalinya.

Peringatan Hari Ibu ke-84 tahun 2012 dimaksudkan untuk senantiasa mengingatkan seluruh rakyat Indonesia, terutama generasi muda akan makna Hari Ibu sebagai kebangkitan, persatuan dan kesatuan gerak perjuangan kaum perempuan yang tak terpisahkan dari kebangkitan dan perjuangan bangsa Indonesia.

Makna Peringatan Hari Ibu Ke-84 Tahun 2012

1. Peringatan Hari Ibu ke-84 menunjukkan bahwa perjuangan kaum perempuan Indonesia telah menempuh jalan panjang dalam mewujudkan peranan dan kedudukan perempuan Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam rangka menuju kemerdekaan Indonesia yang aman, tentram dan damai serta adil dan makmur.
2. Merupakan momentum untuk merenungkan tentang apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum tercapai oleh kaum perempuan Indonesia untuk kepentingan perempuan Indonesia khususnya dan Bangsa Indonesia pada umumnya.
3. Memberikan kesempatan untuk mengoreksi kekurangan dan kelemahan yang dihadapi kaum perempuan Indonesia dalam memperjuangkan peranan dan kedudukannya dalam kancah kehidupan berbangsa dan bernegara.
4. Sesungguhnya perjuangan meningkatkan peranan dan kedudukan kaum perempuan Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara masih panjang, namun keberhasilan yang telah dicapai selama ini hanyalah langkah awal dalam menuju cita-cita kemerdekaan Indonesia yang aman, tentram dan damai serta adil dan makmur.

Tema, Subtema dan Slogan Peringatan Hari Ibu Ke-84 Tahun 2012

1. Tema utama

"Peran Perempuan dan Laki-laki dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan Menuju Kesejahteraan Bangsa"

2. Sub Tema

a. Peningkatan Pendidikan Politik dan Partisipasi Perempuan dalam Pengambilan Keputusan.
b. Peningkatan Peran Perempuan dan Laki-laki dalam Membangun Ekonomi Kreatif yang Berwawasan Lingkungan.
c. Peningkatan peran Laki-laki dan Keluarga dalam Penghapusan Diskriminasi dan Tindak Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak.
d. Membangun Kesehatan Masyarakat yang Berkeadilan.

3. Slogan

a. Perempuan Maju, Indonesia Makmur.
b. Perempuan dan Laki-laki Setara, Pembangunan Berhasil.

Selengkapnya, dari laman menegpp.go.id berikut Pedoman Penyelenggaraan Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-84 Tahun 2012.