Agar Anak Berperilaku Baik Selama di Sekolah

Agar Anak Berperilaku Baik Selama di Sekolah
Agar Anak Berperilaku Baik Selama di Sekolah - Sebagai orang tua, tentu fokus utama Anda adalah mementingkan pendidikan anak. Pergaulan anak di sekolah, perilakunya selama di kelas, dan pelajaran apa saja yang dipelajarinya akan menjadi buah pikiran para orang tua.

Sekolah adalah tempat di mana anak dapat belajar berbagai hal. Tidak hanya belajar mengenal huruf dan angka, tetapi juga cara bersosialisasi dan berinteraksi dengan guru dan teman-teman sebayanya. Di sinilah peran orangtua sedikit dibatasi. Para orang tua tidak lagi bisa mendampingi anak ketika di dalam kelas, melainkan hanya melakukan observasi dan memastikan anak nyaman berada di sana.

Perilaku anak di dalam kelas, baik langsung maupun tidak langsung dipengaruhi oleh pergaulan anak dengan teman-temannya dan hubungannya dengan guru. Hal tersebut akan menentukan apakah anak akan merasa senang dan nyaman selama berada di dalam kelas atau tidak. Selain itu, kenyamanan yang dirasakan anak akan berdampak kepada efektivitas proses belajar dan memberikannya pengalaman yang baik selama bersekolah.

Perilaku positif di dalam kelas seperti sopan santun, tertib dan disiplin secara tidak langsung dapat membuat anak mendapatkan pendidikan yang baik. Selain itu, tidak mengganggu teman-teman lain di kelas, hormat kepada guru dan baik dengan teman sekelas juga merupakan perilaku sebaiknya yang harus diajarkan orangtua kepada anak saat di kelas.

Sebagai orangtua, Anda wajib terlibat dalam pendidikan anak. Tidak hanya sekadar mengetahui pelajaran apa saja yang dipelajarinya, tetapi juga mengetahui bagaimana cara anak belajar. Membimbing anak saat belajar adalah cara terbaik yang dapat Anda lakukan.

Libatkan diri Anda atas segala sesuatu yang berhubungan dengan sekolah anak. Tanyakan apa saja yang sudah dipelajarinya hari ini, hal apa saja yang anak Anda tanyakan kepada gurunya, bagaimana perilaku teman-teman kelasnya, apa pendapatnya tentang guru-guru pengajar, dan sebagainya.

Temukan hal-hal apa saja yang anak sukai di sekolah dan jika Anda mengetahui bahwa dia tidak menyukai beberapa hal, cari tahu apa penyebabnya dan selesaikanlah sesegera mungkin. Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk memastikan anak berperilaku baik di dalam kelas adalah berhubungan baik dengan wali kelasnya. Diskusikan dengan guru pengajar dan wali kelas apabila terjadi sesuatu pada anak di kelas. Dengan menjalin komunikasi yang baik antara guru dan anak, Anda akan mendapatkan titik temu dan tahu apa yang seharusnya dilakukan.

Terakhir, berilah penghargaan kepada anak jika ia melakukan kebaikan di dalam kelas. Dan berilah penjelasan kepadanya tentang konsekuensi yang harus ia terima apabila berbuat tidak baik selama di sekolah. (Wolipop)