Tips Membantu dan Mengajari Anak Mengerjakan Tugas Sekolah

Tips Membantu dan Mengajari Anak Mengerjakan Tugas Sekolah - Salah satu cara yang dapat dilakukan para orang tua agar bisa lebih banyak menghabiskan waktu dengan anak di rumah adalah dengan membantunya mengerjakan tugas sekolah atau pekerjaan rumah (PR).

Tips Membantu dan Mengajari Anak Mengerjakan Tugas Sekolah

Ketika anak mendapatkan tugas sekolah (PR) dari sekolahnya, cobalah temani dan bimbing anak dalam ia mengerjakan tugas tersebut. Mengintip tujuh tips dari All Women Stalk, berikut cara agar bisa membantu anak untuk mengerjakan tugas sekolah atau pekerjaan rumah (PR).

Area Belajar
Sediakan satu ruangan khusus untuk belajar dengan seperangkat alat tulis yang menunjang, seperti pensil, penggaris, spidol, pensil warna, dan semacamnya. Tata sedemikian rupa dan senyaman mungkin. Lengkapi dengan pencahayaan dan pendingin ruangan yang cukup serta menata meja dan kursi sesuai dengan tinggi badan anak.

Mengatur Jadwal
Atur jadwal kapan anak harus fokus belajar dan kapan ia harus mengerjakan PR. Lakukan secara konsisten. Beberapa orang tua menerapkan waktu mengerjakan PR ketika anak pulang dari sekolah, namun sebagian ada yang menerapkannya sehabis makan malam. Atur waktu mengerjakan PR dengan menyenangkan, Anda bisa membantunya mengerjakan tugas sekolah sembari mencicipi biskuit atau makanan ringan lainnya.

Jauhkan dari Gangguan
Ketenangan saat belajar sangat diperlukan. Jauhkan anak dari segala bentuk gangguan yang bisa mengacaukan fokusnya, seperti TV, suara telepon yang terus berdering, suara radio, dan sebagainya.

Perhatikan Informasi
Tidak ketinggalan untuk berusaha menjadi orang tua yang update terhadap segala informasi tentang pendidikan anak. Catat kapan anak akan mengikuti ujian sekolah, pergi les, dan pelajaran apa saja yang diikutinya. Pastikan untuk selalu menanyakan tugas yang dimilikinya. Semakin banyak Anda mengetahui jadwal sekolahnya, semakin banyak Anda mengetahui perkembangan si anak. Jika anak cukup besar, mintalah ia untuk belajar bicara dan menjelaskan tentang kegiatan di sekolahnya kepada Anda.

Jangan Kerjakan PR Anak
Tahap paling penting dari mengajari anak adalah jangan kerjakan PR mereka. Biarkan anak melakukannya sendiri. Dengan begitu Anda telah mengajarinya untuk melihat masalah dan mencari jalan keluarnya. Jika mereka meminta bantuan Anda, beri tahulah sebagaimana mestinya. Mengerjakan PR bukanlah cara terbaik untuk membantunya, tetapi justru tidak mengajarinya apa pun.

Berikan Pujian
Cara lain untuk membantu anak adalah mendorong anak untuk merasa berhasil atas pekerjaan yang telah dilakukannya sendiri. Berikanlah pujian. Dengan pujian, anak akan merasa bertanggung jawab atas tugas sekolah yang dimilikinya tanpa harus meminta bantuan kepada Anda. Di samping itu, ia akan merasa senang mengerjakan tugas lainnya.

Cari Bantuan
Jika Anda masih merasa kesulitan untuk membantu anak dalam mengerjakan tugas sekolahnya, carilah bantuan. Hubungi pihak sekolah atau mintalah pengajar untuk membantunya mengerjakan PR. Lakukanlah yang terbaik untuk anak dan pendidikannya.