Kemdikbud Luncurkan Bioskop Keliling

Kemdikbud Luncurkan Bioskop Keliling - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) meluncurkan bioskop keliling atau mobile cinema. Peluncuran dilakukan di halaman kantor Kemdikbud Senayan Jakarta, Jumat (28/12), oleh Mendikbud Mohammad Nuh yang didampingi jajaran pejabat Eselon I Kemdikbud.

Kemdikbud Luncurkan Bioskop Keliling
(Kemdikbud Luncurkan Bioskop Keliling/Foto: Kemdikbud)

Bioskop Keliling adalah mobil yang dilengkapi dengan proyektor film seluloid, dimana penggunaan film seluloid ini memiliki beberapa kelebihan, lebih tahan goncangan dan tahan air hujan dibandingkan proyektor digital. Diluncurkannya bioskop keliling atau mobile cinema sebagai salah satu upaya memperkuat karakter bangsa melalui film.

Dikutip dari rilis laman Kemdikbud (12/28/2012), Mendikbud mengatakan, ada empat hal yang menjadi latar belakang mengapa Bioskop Keliling penting sebagai bagian dari layanan pendidikan dan kebudayaan.

Pertama, tidak semua anak-anak didik maupun masyarakat Indonesia dapat menikmati produk-produk yang berupa film, dimana film-film tersebut sudah terseleksi baik dari sisi nilai maupun sinematografi. Diharapkan kehadiran bioskop keliling ini dapat menjadi bagian layanan kepada masyarakat tersebut.

Kedua, seiring dengan bergabungnya Ditjen Kebudayaan ke dalam Kementerian Pendidikan Nasional, menjadi tugas Kemdikbud untuk mengembangkan perfilman di Indonesia. Terutama untuk mengembangkan film-film yang bernilai pendidikan, yang jika masuk ke jaringan komersial akan mendapat hambatan tersendiri.

Ketiga, Bioskop Keliling dapat diintegrasikan dengan TV Edukasi yang telah dimiliki Kemdikbud. TV Edukasi yang selama ini jangkauannya masih terbatas, dapat ditingkatkan dengan adanya Bioskop Keliling tersebut, karena Bioskop Keliling juga akan menyiarkan tayangan TV Edukasi.

Keempat, Bioskop Keliling ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana mengkomunikasikan kebijakan pendidikan dan kebudayaan kepada masyarakat.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Dirjen Kebudayaan, Kacung Marijan, mengatakan, tahun ini sebanyak 20 Bioskop Keliling akan didistribusikan ke daerah-daerah yang memiliki akses ke bioskop relatif sulit. Tahun depan akan ditambah sekitar 40 atau 45 unit lagi.


Terimakasih telah berkunjung. Anda sedang membaca artikel berjudul Kemdikbud Luncurkan Bioskop Keliling . Jika artikel Kemdikbud Luncurkan Bioskop Keliling ini bermanfaat, silahkan sebar dan berbagi pada rekan dan sahabat Anda. Semoga artikel Kemdikbud Luncurkan Bioskop Keliling bisa menjadi informasi berguna untuk Anda.

Artikel Terkait Lainnya :
 

Idamanseo | Tentang | Privacy Policy | Powered by Blogger.com | Template by Blog Zone