Ujian Nasional (UN) 2013 Digelar April

Ujian Nasional (UN) 2013 Digelar April - UN 2013 tidak hanya dijadikan sebagai alat penentu kelulusan bagi siswa tetapi juga dijadikan pertimbangan untuk masuk perguruan tinggi negeri.

Ujian Nasional (UN) 2013 Digelar April

Selain itu, seperti diberitakan akan ada perubahan mendasar pada pelaksanaan UN 2013 yaitu UN 2013 akan menggunakan 20 paket soal dimana sebelumnya hanya 5 paket soal. Satu ruang ujian berisi 20 siswa dengan 20 paket soal sekaligus. Penambahan penggunaan paket soal ini bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan kredibilitas hasil UN. Dengan bertambah banyaknya jenis soal dalam UN pemerintah berharap potensi tindak kecurangan akan semakin sempit, karena setiap siswa akan mengerjakan soal yang berbeda karena umumnya setiap ruang ujian hanya diisi oleh 20 peserta ujian.

UN 2013 diperkirakan akan digelar sekitar bulan April. Namun, jadwal penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) di setiap jenjang pendidikan baru akan dirilis secara resmi setelah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh menandatangani peraturan menteri (Permen).

Meski belum secara resmi dirilis, Kepala Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Aman Wirartakusumah, mengatakan bahwa sesuai dengan jadwal yang telah disusun, UN 2013 akan dilangsungkan sekitar bulan April. "Iya sekitar April nanti pelaksanaan UN. Untuk detilnya nanti tunggu dulu Permen ditandatangani," kata Aman kepada Kompascom, Rabu (26/12/2012).

Meski belum dirilis resmi ke publik, Aman tak menampik bahwa jadwal UN 2013 sudah beredar di kalangan dinas pendidikan di daerah. Menurutnya, sekolah perlu mempersiapkan diri lebih matang.

Selain sudah menentukan jadwal penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) 2013, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) juga sudah menetapkan batas nilai minimum kelulusan siswa.

Dikutip dari Kompascom (27/12/2012), Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud, Khairil Anwar Notodiputro, mengatakan, untuk siswa SMA/SMK/MA, standar kelulusan pun masih ditetapkan pada nilai yang sama dengan tahun lalu, yaitu 5,5.

Pada tahun 2012, nilai minimum 5,5 merupakan nilai akhir rata-rata siswa dari kombinasi nilai UN dan nilai rapor dengan porsi 60:40. Siswa juga tak boleh memperoleh nilai di bawah 4 untuk mata pelajaran yang diujikan dalam UN.

Semoga dengan adanya info jadwal pelaksanaan UN 2013 dan batas nilai minimum kelulusan siswa 2013 ini, menjadi kabar yang dapat diambil manfaat sebagai persiapan menghadapi UN 2013. Semoga seluruh siswa yang akan mengikuti UN 2013 dapat lebih mempersiapkan diri dengan baik.

Untuk menemukan Kisi-Kisi UN BSNP 2012/2013 SD, SMP, SMA dan Sederajat, silahkan klik di sini.