Jadwal Tes Honorer K2 dan Tes Umum CPNS 2013

Jadwal Tes Honorer K2 dan Tes Umum CPNS 2013 ~ Rangkaian tahapan dan jadwal dalam proses pelaksanaan seleksi tenaga honorer kategori 2 (K2) untuk diangkat menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) saat ini telah memasuki tahap uji publik. Seperti diketahui dalam tahap uji publik ini instansi pemerintah pusat dan daerah yang memiliki tenaga honorer K2 diharuskan untuk mempublikasi atau mengumumkan nama-nama tenaga honorer K2 tersebut melalui web masing-masing atau pun media komunikasi lainnya, agar masyarakat dapat memberikan respon terhadap daftar tenaga honorer K2 yang ada.

Jadwal Tes Honorer K2 dan Tes Umum CPNS 2013

Uji publik terhadap daftar tenaga honorer K2 sendiri seperti diberitakan akan berlangsung selama tiga pekan yakni pada 27 Maret hingga 16 April 2013. Terkait hal ini, berbagai lapisan masyarakat dapat memanfaatkan secara baik uji publik ini antara lain dengan cara mengajukan sanggahan atau pun keberatan yang disertai bukti yang kuat.

Untuk selanjutnya, dalam tahapan berikut yang sangat ditunggu tentu adalah pelaksanaan tes CPNS. Kapan tes CPNS 2013 dilaksanakan?.

Berdasar informasi yang ditelusuri tes CPNS dari tenaga honorer kategori K2 maupun tes CPNS pelamar umum tahun 2013 akan dilakukan bertahap. Tahap pertama seleksi dari honorer K2 pada Juli 2013 mendatang, sedangkan tahap kedua tes CPNS untuk pelamar umum yang akan digelar September 2013.

Mengutip dari rilis JPNN (27/03/2013), asisten Deputi Koordinasi dan Evaluasi Sistem Manajemen SDM Aparatur KemenPAN-RB, Naftalina Sipayung mengatakan, tahun ini prioritas utama adalah honorer K2. Setelah itu tuntas baru pelamar umum. Yang pasti pelamar umum tahun ini tetap diberikan kesempatan dengan kuota 60 ribu (40 ribu daerah, 20 ribu pusat). Mengenai anggaran, lanjutnya, memang masih dalam pembahasan dengan Kementerian Keuangan. Namun dia optimis, dana tersebut akan tetap cair sehingga tidak akan mempengaruhi jadwal tes.

Naftalina optimis schedule yang disusun tidak akan bergeser. Awal Juli seleksi honorer K2, sedangkan pelamar umum dilakukan serentak pada bulan September.

Jika sebelumnya SesmenPAN-RB Tasdik Kinanto mengatakan, jadwal seleksi honorer K2 akan molor hingga Oktober. Alasannya dana seleksi honorer belum disetujui Kemenkeu. Terhadap hal ini Naftalina mengakui memang belum adanya signal positif Kemenkeu sempat membuat jadwal berubah. Namun sekarang sudah mulai terlihat titik terangnya.

"Kami sudah mengajukan anggaran untuk pelaksanaan dua seleksi CPNS dari honorer K2 dan pelamar umum. Jadi kami optimis, tidak akan bergeser lagi," tandasnya.

Terkait berapa jumlah honorer K2 yang akan ikut seleksi, Naftalina menjelaskan masih menunggu hasil uji publik yang telah dimulai. Ia mengatakan yang pasti dari sekitar 600 ribu honorer K2, tidak semuanya yang bisa ikut tes. Hanya yang lulus persyaratan administrasilah yang berhak ikut tes kompetensi dasar dan tes kompetensi bidang sesama tenaga honorer.

Demikian sekilas Jadwal Tes Honorer K2 dan Tes Umum CPNS 2013, semoga bermanfaat.