UN SD 2013 Tidak Menggunakan 20 Variasi Soal

UN SD 2013 Tidak Menggunakan 20 Variasi Soal ~ Ujian Nasional (UN) 2013 tidak lama lagi akan segera digelar. Untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajat, berdasar Jadwal UN 2013 akan digelar pada bulan April. Sementara untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) UN 2013 digelar pada Mei mendatang.

UN SD 2013 Tidak Menggunakan 20 Variasi Soal

Pada pelaksanaan UN 2013 ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan memberlakukan 20 variasi paket soal, yang berarti satu ruang ujian yang berisi 20 siswa akan menggunakan 20 paket soal sekaligus. Apakah 20 paket soal UN 2013 ini juga diberlakukan untuk tingkat SD?.

Seperti info yang ditelusuri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama dengan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah menyiapkan sebanyak 20 variasi soal UN 2013. Namun, aturan 20 variasi soal UN 2013 tidak akan digunakan untuk tingkat SD.

Hal ini dikatakan oleh Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Kemdikbud, Ibrahim Bafadal, bahwa untuk SD tidak akan dibuat soal sebanyak 20 variasi karena dinilai tidak sesuai untuk anak-anak usia SD.

"Tidak 20 variasi soal untuk SD. Dari tahun-tahun sebelumnya, SD memang berbeda. Termasuk dalam penggandaan soal dan kelulusan," kata Ibrahim di kutip dari Kompas.com (8/3/2013).

Ibrahim Bafadal menjelaskan bahwa penggandaan soal UN SD diserahkan langsung pada daerah. Kebijakan ini diambil mengingat jumlah SD yang sangat banyak dan jangkauannya yang tidak sekadar di Kabupaten/Kota saja namun hingga kampung pedalaman sehingga akan lebih optimal jika daerah langsung yang menanganinya.

"Memang ini program nasional tapi ada macamnya program nasional yang didelegasikan pada daerah. SD perlu didelegasikan karena sangat banyak," jelas Ibrahim.

Meski ditangani daerah, peraturan yang dianut tetap berasal dari pusat sesuai dengan POS UN yang telah dirilis oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kemdikbud beberapa waktu lalu. Selanjutnya mengenai kelulusan, ia mengungkapkan bahwa untuk jenjang SD semuanya berada di tangan sekolah.

Dengan demikian, sepertinya tidak akan ada perubahan signifikan terhadap UN SD 2013. Untuk UN SD sendiri seperti diberitakan, seiring rencana akan diberlakukannya kurikulum 2013, keberadaan UN SD akan dikaji kembali kelanjutannya. Kemungkinan besar nantinya untuk UN tingkat SD akan dihapus, namun tidak untuk tahun ini.