Bersiap Hadapi UN SD 2013

Bersiap Hadapi UN SD 2013 ~ Ujian Nasional (UN) 2013 tingkat Sekolah Dasar (SD) tidak lama lagi akan digelar. Ujian Nasional Sekolah Dasar 2013 atau lebih dikenal dengan UN SD 2013 menurut jadwal akan dilaksanakan pada tanggal 6-8 Mei 2013, dan untuk susulan dilaksanakan pada 13-15 Mei 2013.

Saat ini sedang berlangsung UN SMP dan sederajat yang diikuti sebanyak 3.717.498 siswa dari 51.163 sekolah di 33 provinsi di Indonesia. Pelaksanaan UN SMP 2013 berdasarkan jadwal akan berlangsung sejak hari ini tanggal 22 April 2013 hingga tanggal 25 April 2013. dan untuk jadwal UN susulan dilaksanakan pada 29 April - 2 Mei 2013.

Bersiap Hadapi UN SD 2013

Terhadap UN SD 2013, menjelang pelaksanaannya tentu banyak dari orang tua yang cemas akan kesiapan anaknya menghadapi ujian akhir ini. Apakah anak-anak sudah siap menghadapi UN SD 2013?

Menghadapi UN SD 2013 ini ternyata persiapan psikologis juga sangat berperan pada keberhasilan anak menghadapinya. Berikut beberapa tips menghadapi UN SD 2013.

Semua anak, orang tua, dan sekolah tentunya sibuk dengan persiapan menghadapi ujian yang menjadi kunci menuju jenjang pendidikan selanjutnya ini. Sebagian besar persiapan sudah berlangsung jauh beberapa bulan sebelumnya. Apalagi, hampir setiap sekolah tentu memberikan uji coba UN yang dilakukan beberapa waktu sebelum UN sesungguhnya, untuk mengetes kesiapan murid-murid dalam menghadapi ujian ini. Apa yang harus orang tua lakukan untuk mendukung anak berjuang pada hari-hari mendebarkan ini?

Tidak lulus belum tentu karena tidak bisa
Anak yang tidak lulus UN belum tentu disebabkan oleh ketidakmampuan dalam mengerjakan ujian. Mengapa? Setelah ditelusuri, ternyata anak tersebut sangat grogi ketika menjalani ujian, sehingga ia tidak dapat berpikir dan berkonsentrasi. Bentuk perasaan grogi ketika ujian dapat bermacam-macam, antara lain berkeringat, gelisah, sakit perut, pusing, pikiran kosong, dan lainnya. Faktor psikologis ini sangat berpengaruh pada keberhasilan menghadapi UN SD 2013 ini.

Sebagai orang tua, apa saja yang harus dilakukan untuk mempersiapkan fisik dan mental anak dalam menghadapi UN SD 2013 ini?

Membangun kepercayaan diri anak
Untuk menghindari grogi pada anak, siapkanlah kepercayaan dirinya sejak sekarang. Bila ia merasa terlalu banyak beban pelajaran yang harus diulang sebelum ujian, anjurkan untuk membuat jadwal belajar sejak sekarang supaya ia merasa lebih tenang. Dengan adanya jadwal tersebut, ia lebih percaya diri bahwa semua akan lancar bila ia mengikuti jadwal yang sudah dibuat.

Keseimbangan pembagian waktu
Jangan biarkan anak belajar dalam waktu yang berlebihan setiap harinya. Seimbangkanlah antara waktu makan, beristirahat, serta tetap bersosialisasi bersama teman dan keluarga.

Pola tidur yang baik
Jangan biarkan anak memaksakan diri untuk belajar hingga larut malam sehingga pola tidurnya terganggu. Kesehatan menjelang ujian sangat penting sehingga tubuh dan pikiran dalam kondisi fit ketika menghadapi ujian.

Mengelola stres
Jangan menambah beban stres anak dengan menakut-nakutinya. Sesekali waktu ajaklah ia melepas stres misalnya dengan berjalan-jalan ke mal, memakan makanan kesukaannya, atau malah menonton bioskop!

Buku soal-soal latihan
Bila uji coba yang dilakukan oleh sekolah masih dirasa kurang, anak bisa berlatih dengan kumpulan soal-soal UN tahun-tahun sebelumnya. Buku kumpulan soal ini banyak di toko buku. Jangan lupa, waktu adalah faktor yang penting dalam mengerjakan ujian. Jadi ketika berlatih, batasi waktunya sesuai dengan waktu yang ditentukan. Terkadang, stres dan grogi muncul karena ketakutan tidak bisa selesai tepat waktu.

Cek lis perlengkapan
Ingatkan anak untuk membuat cek lis perlengkapan yang harus dibawa, dan siapkan jauh-jauh hari. Persiapan yang mendadak membuat grogi dan stres. Untuk alat tulis utama, bawalah cadangan. Seperti UN-UN sebelumnya, tentunya UN SD 2013 juga menggunakan sistem komputer. Untuk peralatan vital seperti pensil 2B, siapkan lebih dari 1 buah lengkap dengan rautan serta penghapus yang baik. Mengapa harus membawa cadangan? Bayangkan bila beberapa menit sebelum ujian dimulai, penghapus menggelinding dan anak panik mencarinya. Hal kecil seperti ini bisa membuatnya grogi kan?

Gunakan penghapus yang baik supaya tidak meninggalkan bekas hitam pada kertas jawaban. Pensil 2B juga harus yang baik. Pilih merk yang bisa dipercaya untuk momen penting ini. Bila jawaban tidak terbaca oleh sistem komputer, semua menjadi sia-sia dan berakibat fatal.

Sarapan sebelum ujian
Jangan lupa sarapan karena sangat berpengaruh pada konsentrasi dan daya pikir. Siapkan sarapan yang bergizi dalam porsi yang pas, sehingga anak tidak lapar atau kekenyangan ketika melaksanakan ujian.

Jangan datang terlambat
Ini sangat penting untuk kesiapan mental anak. Anjurkan anak berangkat lebih awal dari biasanya, untuk mengantisipasi kemacetan di jalan raya. Semalam sebelum ujian, seharusnya semua persiapan sudah selesai dilakukan dan anak harus tidur lebih awal supaya bisa bangun 30 menit lebih pagi dalam kondisi segar.

UN SD 2013 bukanlah sesuatu yang menakutkan bila mempersiapkannya dengan baik. Perhatikan hal-hal kecil yang dapat mempengaruhi keberhasilan ujian ini. Selamat mempersiapkan anak dalam menghadapi UN SD 2013!

Artikel disarikan dari theAsianParent Indonesia Edition.

Semoga share Bersiap Hadapi UN SD 2013 ini bisa bermanfaat..