Kelulusan UN SMA Sederajat Diumumkan 24 Mei 2013

Kelulusan UN SMA Sederajat Diumumkan 24 Mei 2013 ~ Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh memastikan bahwa pengumuman kelulusan peserta Ujian Nasional (UN) 2013 SMA sederajat tetap dilakukan sesuai jadwal, tidak terpengaruh dengan adanya pergeseran waktu penyelenggaraan UN SMA/MA/SMALB, SMK, Paket C dan Paket C Kejuruan.

Kelulusan UN SMA Sederajat Diumumkan 24 Mei 2013

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, karena adanya keterlambatan dalam pengepakan naskah soal UN, penyelenggaraan UN 2013 SMA sederajat di 11 provinsi digeser waktunya. Namun untuk pengumuman kelulusan peserta UN 2013 SMA sederajat akan diumumkan sesuai jadwal yakni pada 24 Mei 2013.

Dikutip dari laman Kemdikbud (24/4/2013), Mendikbud mengatakan bahwa pertimbangan tidak mengundurkan jadwal pengumunan kelulusan UN SMA sederajat karena harus menyesuaikan dengan jadwal penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi.

“Pengumuman UN jenjang SMA sederajat masih on schedule”, ujar Mendikbud, disela-sela inspeksi mendadak (sidak) penyelenggaraan UN SMP bersama Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono, di Kepulauan Seribu, Selasa (23/4).

Sementara dalam rilis juga dikatakan bahwa berdasarkan jadwal yang dilansir Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) sebagai penyelenggara UN, pengumuman kelulusan peserta UN jenjang SMA sederajat akan dilakukan pada tanggal 24 Mei 2013. Sedangkan pengumuman kelulusan peserta UN SMP/MTs/SMPLB, dan Paket B pada tanggal 1 Juni 2012.

Mendikbud mengatakan, UN masih dibutuhkan sebagai salah satu persyaratan kelulusan siswa. Dikatakannya, data yang didapat berdasarkan hasil UN kemudian disampaikan ke sekolah untuk dilakukan intervensi.

"Keuntungan UN adalah bisa memetakan kondisi pendidikan sampai ke tingkat satuan pendidikan, mata pelajaran, dan kisi-kisi pelajaran," jelas Mendikbud.

Demikian share Kelulusan UN SMA Sederajat Diumumkan 24 Mei 2013. Semoga bermanfaat..