Kementerian PAN dan RB Beri Penghargaan Kinerja Pelayanan Publik Terbaik

Kementerian PAN dan RB Beri Penghargaan Kinerja Pelayanan Publik Terbaik ~ Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) telah melakukan penilaian dan memberikan penghargaan terhadap beberapa provinsi di Indonesia terkait pelayanan publik yang paling baik. Pemberian penghargaan ini merupakan apresiasi dari Negara terhadap komitmen pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sekaligus memberikan dorongan bagi pemerintah daerah yang berkinerja lebih baik. Hal ini sesuai amanat UU Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Kementerian PAN-RB Beri Penghargaan Kinerja Pelayanan Publik Terbaik

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) menyerahkan penghargaan bagi Pemerintahan Provinsi, Pemerintahan Kabupaten/Pemerintahan Kota yang memberikan pelayanan publik terbaik sepanjang 2012, pada Kamis (28/3/2013), di Balai Kartini, Jakarta.

Ada dua jenis penghargaan yang diberikan oleh Kementerian PAN-RB, yaitu Citra Bhakti Abdi Negara (CBAN) dan Citra Pelayanan Prima (CPP). Penghargaan berupa piala CBAN diberikan kepada 6 Bupati/Walikota, sedangkan 7 kabupaten/kota memperoleh piagam penghargaan Citra Pelayanan Prima (CPP).

Dikutip dari rilis Setkab (28/03), Untuk penghargaan CPP ini juga, sebanyak 19 unit penyelenggara pelayanan publik (UPP) meraih piala, dan 20 UPP menerima piagam penghargaan. Unit penyelenggara pelayanan publik terdiri dari rumah sakit umum daerah (RSUD), pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) dan unit pelayanan publik pilihan.

"Penilaian kinerja pelayanan publik dilakukan pada 33 provinsi yang dilakukan terhadap kinerja pembina/penanggung jawab (Gubernur/Sekretaris Daerah), beserta 5 (lima) unit pelayanan pada masing-masing pemerintah provinsi," ujar Deputi Pelayanan Publik Kementerian PAN–RB Wiharto.

Penilaian dilakukan secara transparan dengan parameter yang diatur dalam Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 66 tahun 2012 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Pembina/Penanggung Jawab dan Pemeringkatan Kementerian/Lembaga, Pemprov, dan Pemkab/Pemkot dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Pemeringkatan pelayanan publik ini merupakan salah satu cara dalam memantau dan mengevaluasi kinerja pelayanan publik. "Hal itu merupakan amanat dari pasal tujuh ayat tiga Undang Undang nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik," imbuhnya.

Wiharto mengatakan dari 33 provinsi yang ada, sayangnya belum ada yang mendapat predikat AA (Sangat memuaskan). Provinsi Jatim dan Jateng baru sebatas mendapat kategori B (Baik). 8 Provinsi lainnya mendapat kategori CC (Cukup), 13 provinsi mendapat kategori C (Kurang), dan 10 provinsi memperoleh nilai D (Sangat kurang).

Berdasarkan penilaian itu, Kementerian PAN–RB menetapkan peringkat kinerja pelayanan publik pemerintah provinsi 2012 berturut-turut 10 besar adalah: 1. Jatim; 2. Jateng; 3. Jabar; 4. DIY; 5. Kaltim; 6. Lampung; 7. DKI Jakarta; 8. Bali; 9. Banten; dan 10. Sulawesi Utara (Sulut).

Adapun peringkat terbaik kinerja pelayanan Rumah Sakit umum Daerah (RSUD) sepanjang 2012: 1. RSUD Uli, Banjarmasin; 2. RSUD Tarakan, Jakarta; 3. RSUD Tugurejo, Semarang; 4. Rumah Sakit Jiwa Grasia, Sleman, DIY; 5. RSUD Arifin Ahmad, Pekanbaru (Riau); 6. RSU dr. Saiful Anwar, Malang (Jatim); 7. RSUD dr. H. Abdul Moloek, Bandar Lampung (Lampung); 8. RSUD Al Ihsan (Jabar); 9. RS. Khusus Mata Masyarakat, Palembang; 10. RSUD dr. Zainal Abidin, Banda Aceh; 11. RSUD Tanjung Pinang (Kepri); dan 12. Rumah Sakit Jiwa Denpasar, Bali.

Peringkat kinerja pelayanan publik dalam Pelayanan Terpadu Satu Atap (PTSP) adalah: 1. Unit Pelayanan Perijinan Terpadu (UP2T) Jatim; 2. Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BP2T) Jabar; 3. BP2T Riau; 4. UPT Pelayanan Perijinan Terpadu pada Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) DI Yogyakarta; dan 5. Kantor Pelayanan Perijinan Terpadu Sulawesi Utara (Sulut).

Peringkat terbaik kinerja pelayanan informasi pemerintah provinsi 2012: 1. Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Sulsesl; 2. Dinas Pehubungan, Komunikasi dan Informasi Jateng; 3. UPTD Plaza pada Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi DIY; 4. Badan Arsip dan Perpustakaan Banda Aceh (NAD); 5. Dinas Komunikasi dan Informasi DKI Jakarta; 6. Dinas Komunikasi dan Informatika Jabar; 7. Dinas Kominfo Jabar; dan 7. Bagian Humas Biro Pemerintahan Setda Sulawesi Utara.

Sedangkan penerima Piala Citra Bhakti Abdi Negara adalah: 1. Kabupaten Kudus (Jateng); 2. Kabupaten Boyolali (Jateng); 3. Kabupaten Majalengka (Jabar); 4. Kota Denpasar (Bali); 5. Kabupaten Sleman (DIY); dan 6. Kota Surakarta (Jateng).

Penghargaan Kinerja Pelayanan Publik CBAN 2011 dan 2012 Serta CPP 2012 dapat dilihat di tautan ini. Semoga bermanfaat.