Pendataan Dikdas Dapodik, Data Sekolah, Guru/PTK, Siswa Harus Benar dan Valid

Pendataan Dikdas Dapodik, Data Sekolah, Guru/PTK, Siswa Harus Benar dan Valid ~ Akhir-akhir ini ramai dari para guru melihat hasil verifikasi data atau kelengkapan isian data-datanya yang telah diinput dan diupload secara online ke server pusat data pokok pendidikan (Dapodik).

Pendataan Dikdas Dapodik, Data Guru Harus Benar dan Valid

Data yang diinput dan kemudian diupload tersebut berdasar pada data pokok pendidikan sekolah yang telah diisi oleh operator sekolah melalui aplikasi pendataan sekolah. Tidak hanya data guru, diberlakunya sistem online pendataan pendidikan dasar (Dikdas) dapodik, maka segala hal terkait data pokok pendidikan sekolah (sekolah, guru/ptk, siswa) akan diinput dan diupdate datanya yang kemudian dikirim ke server pusat pendataan.

Data diperoleh dari sekolah masing-masing, untuk itu operator di setiap sekolah akan melakukan proses pendataan data sekolah, guru dan siswa melalui aplikasi dapodik. Data yang diperoleh dari sekolah harus benar-benar valid dan akurat. Bila data tidak lengkap atau tidak akurat maka akan berpengaruh langsung pada program-program pemerintah yang dijalankan di P2TK Dikdas, termasuk dalam pemberian tunjangan.

Seperti diketahui, tahun 2013 semua pemberian bantuan BOS/BSM/USB/RKB dan pencairan tunjangan (Profesi/khusus/Fungsional/Peningkatan kualif. akademik) persyaratannya harus melalui dapodik. Bagi para guru tentunya data Anda sebagai guru harus benar dan valid.

Agar nantinya tidak bermasalah dengan pencairan tunjangan yang seharusnya diterima, bagi para guru ada baiknya mengecek verifikasi data masing-masing dan melihat kembali info penting kelengkapan isian data PTK di Dapodik terkait tunjangan yang wajib untuk diisi sesuai dengan kelengkapan data yang dimiliki.

Pastikan data Anda sebagai Guru/PTK yang terdaftar di dapodik benar dan valid. Jika terjadi kesalahan atau ingin memperbaiki data, guru/PTK bisa mengubahnya melalui aplikasi pendataan yang ada di sekolah masing-masing.

Terkait pengecekan verifikasi data dapodik, sayangnya server dapodik kadangkala eror, banyak yang mengalami kesulitan untuk mengecek dan mengaksesnya. Hal ini membuat para guru khawatir akan data yang terkait dengan tunjangannya bila data yang ada di dapodik tidak sesuai dengan yang dimiliki. Semoga server dapodik bisa selalu diakses oleh para operator sekolah dan para guru. Selamat mengecek data masing-masing. Semoga bermanfaat..