Ujian Nasional 2013: Kemdikbud Buka Posko UN

Ujian Nasional 2013: Kemdikbud Buka Posko UN ~ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) terus berupaya melakukan perbaikan penyelenggaraan ujian nasional (UN). Perbaikan itu antara lain, mulai tahun ini penyelenggaraan UN menggunakan 20 variasi soal dari sebelumnya 5 variasi soal. Selain itu juga, Kemdikbud akan membuka Posko UN 2013, yang akan dibuka dibuka mulai tanggal 13 April 2013.

Ujian Nasional 2013: Kemdikbud Buka Posko UN

Ada beberapa Posko UN 2013 yang dipersiapkan Kemdikbud, yakni Posko UN di Pusat Informasi dan Humas (PIH), Inspektorat Jenderal, Pusat Penilaian Pendidikan, dan posko UN di Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Kemdikbud juga menghimbau dinas pendidikan, baik provinsi maupun kabupaten/kota seluruh Indonesia agar dapat membuka posko pengaduan UN, kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemdikbud, Ibnu Hamad, seperti dikutip laman Kemdikbud.

Menurut Ibnu Hamad, di Posko UN itu, masyarakat dapat menyampaikan berbagai hal tentang penyelenggaraan UN, baik melalui telepon, pesan singkat (SMS), email, atau datang langsung ke posko UN Kemdikbud. Nomor telepon dan email posko UN akan diumumkan dalam waktu dekat.

Ia menjamin akan menindaklanjuti pengaduan masyarakat terkait kecurangan penyelenggaraan UN sebagaimana dilakukan pada pengaduan penyelenggaraan UN tahun sebelumnya.

Namun yang disayangkannya, berdasarkan pengalaman penyelenggaraan UN tahun sebelumnya, Ibnu Hamad mengungkapkan, dari ratusan pengaduan yang masuk, hanya beberapa pengaduan saja yang disertai bukti dan lokasi sekolah tempat terjadinya kecurangan. "Sedikit sekali pengaduan yang menyertakan bukti dan lokasi sekolah, sehingga sukar dilakukan investigasi," ujarnya.

Ujian Nasional (UN) 2013

Sesuai jadwal, ujian nasional (UN) 2013 tingkat SMA, MA, SMK, SMALB dan Paket C akan digelar serentak yang dimulai Senin, 15 April 2013. Adapun ujian susulan dilaksanakan pada 22–25 April 2013.

Sedang untuk UN 2013 tingkat SMP, MTs, SMPLB dan Paket B akan dilaksanakan serentak pada 22-25 April, dan jadwal susulan pada 29 April–2 Mei 2013.

Dan UN 2013 tingkat SD, MI dan Paket A dilaksanakan serentak pada 6–8 Mei 2013, dan jadwal ujian susulan pada 13–15 Mei 2013.