Ujian Nasional Tiket Masuk Perguruan Tinggi

Ujian Nasional Tiket Masuk Perguruan Tinggi ~ Ujian Nasional (UN) 2013 tidak lama lagi dilaksanakan yang akan dimulai pada pertengahan April 2013. Bagi peserta didik tahun ajaran 2012/2013 akan menemukan beberapa hal baru dalam penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) tahun 2013 yang berbeda dari tahun sebelumnya.

Ujian Nasional Tiket Masuk Perguruan Tinggi

Dari tahun ke tahun, upaya untuk meningkatkan kredibilitas pelaksanaan UN terus dilakukan. Tahun ini, dipastikan setiap siswa akan mengerjakan paket soal yang berbeda. Jika sebelumnya disiapkan lima paket soal, kini dalam satu ruang ujian disiapkan 20 variasi soal yang ditandai dengan barcode.
Variasi soal ujian hingga mancapai 20 jenis dan pemanfaatan sistem barcode pada lembar soal dan lembar jawaban UN merupakan contoh hal baru tersebut. Hal ini seperti diketahui merupakan antisipasi dan upaya pemerintah untuk meningkatkan kredibilitas pelaksanaan UN. Selain itu juga tujuannya adalah agar siswa lebih konsentrasi dalam mengerjakan soal ujian. Dengan 20 paket soal, akan memperkecil kemungkinan siswa melirik jawaban teman di kanan-kiri, depan-belakang. Juga menutup kemungkinan oknum tertentu yang mungkin akan melakukan kecurangan selama ujian berlangsung.

Terhadap pelaksanaan UN 2013 yang menggunakan sistem barcode ini tentu saja membuat peserta UN perlu mengikuti tahapan kerja sebelum mulai mengerjakan soal. Peserta yang tidak memastikan bahwa ia menjawab pada LJUN yang benar, sangat beresiko akan mendapat nilai yang jelek, karena saat dipindai, komputer akan keliru membaca.

Hal baru yang tidak kalah menarik perhatian dan menjadi salah satu keistimewaan Ujian Nasional (UN) 2013 adalah pengintegrasian nilai UN dengan seleksi masuk perguruan tinggi. Nilai UN dapat digunakan sebagai paspor masuk perguruan tinggi negeri (PTN) setelah digabung dengan nilai rapor dan prestasi akademik lainnya. Pola penerimaan mahasiswa tanpa tes seperti ini yang menggunakan nilai UN dan rapor, disebut Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Keberadaan UN 2013 jika dibandingkan dengan kebijakan sebelumnya yang semula baru sebatas ujian tertulis biasa bagi peserta didik, kini tentu saja UN turut menjadi 'penentu' bagi peserta didik untuk masuk PTN.

Untuk melihat dan menjadikan wawasan terkait ujian nasional tiket masuk perguruan tinggi ini selengkapnya bisa dilihat di terbitan Majalah Dikbud edisi 2 tahun 2013 yang dapat ditemukan di tautan ini. Selain mengupas tuntas UN, tim redaksi Dikbud juga menyajikan artikel kebudayaan sebagai sisipan. Selamat membaca..

Semoga bermanfaat.