Panduan dan Tata Cara Daftar Online CPNS 2013 di Situs sscn.bkn.go.id

Panduan dan Tata Cara Daftar Online CPNS 2013 di Situs sscn.bkn.go.id | Idamanseo ~ Pengumuman lowongan dan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2013 telah mulai diumumkan di beberapa instansi pemerintah. Bagi para peminat yang ingin mendaftar mengikuti seleksi CPNS 2013 tentu sudah mulai mempersiapkan diri seperti menyiapkan data-data dan dokumen pendukung minimal dalam seleksi CPNS 2013 atau mencari informasi tentang tata cara dan panduan pendaftaran CPNS 2013.

Panduan dan Tata Cara Pendaftaran Online CPNS 2013 di Situs sscn.bkn.go.id

Pelaksanaan seleksi CPNS 2013, pemerintah akan melaksanakan pendaftaran CPNS secara serentak dan terintegrasi melalui sistem pendaftaran (registration) online. Sistem pendaftaran CPNS online ini diperuntukkan bagi pelamar CPNS yang akan mengisi formasi umum di instansi pusat maupun daerah. Untuk pelamar umum dan tenaga honorer kategori 2 (TH2), dilakukan seleksi melalui tes kompetensi dasar (TKD) dan tes kompetensi bidang (TKB). Pelaksanaan tes untuk pelamar umum menggunakan sistem kombinasi, LJK dan Computer Assisted Test (CAT).

Badan Kepegawaian Negara meluncurkan website resmi untuk proses pendaftaran CPNS 2013 yang beralamat di http://sscn.bkn.go.id

Bagi calon pelamar yang akan melakukan pendaftaran online CPNS 2013, seperti di kutip berikut panduan pendaftarannya.

Proses pendaftaran CPNS 2013 terdiri dari :

1. Membuat pendaftaran

a. Klik link Buat Pendaftaran untuk membuat pendaftaran baru.
b. Isi formulir registrasi yang muncul.
c. Pastikan isian data pribadi pada form registrasi sesuai dengan KTP.
d. Pastikan isian formasi dan pendidikan yang dilamar sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dimiliki.
e. Klik tombol Kirim Pendaftaran untuk memproses pendaftaran dan no registrasi pendaftaran.
f. Cetak tanda bukti pendaftaran.
  • Tanda bukti pendaftaran berupa file dalam format PDF yang dapat disimpan di flashdisk dan dapat dicetak ditempat lain.
  • Tanda bukti pendaftaran yang sudah dicetak agar dibawa pada saat verifikasi dokumen lamaran di panitia penerimaan CPNS masing-masing instansi.
2. Melakukan verifikasi dokumen
  • Verifikasi dokumen dilakukan oleh Panitia Penerimaan CPNS yang ada pada masing-masing instansi yang dilamar.
  • Dokumen lamaran agar dibawa oleh pelamar yang bersangkutan.
  • Verifikasi dokumen tersebut untuk memastikan kesesuaian data pelamar pada isian formulir pendaftaran dan pilihan formasi serta pendidikan apakah telah terisi dengan data yang benar.
3. Mengikuti ujian seleksi masuk pada waktu yang telah ditentukan.
  • Jadwal ujian seleksi CPNS dapat dilihat pada link Jadwal Pelaksanaan Seleksi CPNS.
4. Setelah mengikuti ujian seleksi masuk, Anda dapat melihat hasil seleksi pada tanggal pengumuman.
  • Hasil seleksi ujian dapat dilihat pada link Hasil Seleksi CPNS Nasional dengan memasukkan no peserta ujian.

Berikut merupakan petunjuk isian pendaftaran.

Petunjuk Isian Pendaftaran

Isi formulir pendaftaran dengan menggunakan software browser Mozilla Firefox untuk hasil yang optimal.

Informasi Data Pribadi
  • No. Induk Kependudukan : Isikan NIK atau No KTP atau Nomor Passport yang sesuai dengan identitas pendaftar
  • Nama : Isikan nama pendaftar sesuai dengan identitas (KTP/Passport)
  • Jenis Kelamin : Cukup jelas.
  • Tempat Lahir : Isikan tempat lahir sesuai dengan identitas pendaftar.
  • Tanggal Lahir : Pilih tahun yang sesuai, selanjutnya bulan dan tanggal dari kalender yang ada.
  • Alamat : Isikan alamat korespondensi surat menyurat, dan dilengkapi dengan kode pos yang jelas.
  • Nomor Telepon : No. telpon rumah atau mobile phone (handphone).
  • Asal Institusi Pendidikan : Isikan nama institusi pendidikan dengan lengkap, contoh : Universitas Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh November dsb.
  • Akreditasi : Isikan dengan A atau B sesuai dengan Akreditasi Universitas/Perguruan Tinggi atau tanda (-) untuk Universitas/Perguruan Tinggi Negeri
  • No Ijazah : cukup jelas.
  • IPK : isikan IPK dengan cara menggunakan titik (.) decimal contoh 3.45
Informasi Lamaran
  • Instansi Pemerintah Kementerian/Lembaga/Daerah dan Instansi Lain (K/L/D/I) : ketik Instansi secara lengkap atau bagian dari nama instansi untuk menampilkan pilihan misal : Ketik KEPEG untuk menampilkan instansi Badan Kepegawaian Negara.
  • Pilih Lokasi kerja yang ada.
  • Pilih jabatan yang akan dilamar.
  • Pilih pendidikan yang sesuai dengan jabatan yang dilamar.
  • Selanjutnya Klik kirim pendaftaran jika sudah yakin dengan isian.

Semoga bermanfaat.