Mei 2014, Ditjen Dikdas Gelar ToT Dapodikdas

Mei 2014, Ditjen Dikdas Gelar ToT Dapodikdas
Mei 2014, Ditjen Dikdas Gelar ToT Dapodikdas | Idamanseo ~ Dalam rangka kebijakan pendataan pendidikan dasar yang berkelanjutan, di bulan Mei 2014 ini, Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Dasar (Dikdas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali menggelar Training of Trainers (ToT) Pemanfaatan Sistem Pendataan Pendidikan Dasar.

Adapun untuk pesertanya adalah para operator Data Pokok Pendidikan Dasar (Dapodikdas) Provinsi/Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Acara ToT Dapodikdas dilaksanakan dalam lima gelombang. Semuanya digelar di Bandung, Jawa Barat. Angkatan I diselenggarakan pada 5-7 Mei 2014 di The Jayakarta Suites Hotel. Angkatan II pada 8-10 Mei 2014 di Savoy Homann Bidakara Hotel. Angkatan III pada 12-14 Mei 2014 di Park Hotel. Angkatan IV pada 19-21 Mei 2014 di Arion Swiss-Belhotel. Angkatan V pada 22-24 Mei 2014 juga di Arion Swiss-Belhotel.

Dikutip dari laman situs Ditjen Dikdas (04/05/2014), tujuan penyelenggaraan acara ini yaitu memberikan informasi tentang sistem manajemen pendataan pendidikan dasar tahun 2014 dan pelatihan aplikasinya. Selain itu, acara tahunan ini diharapkan menjadi media interaksi dan koordinasi antara pemangku kebijakan pendidikan di tingkat Pusat dan Daerah sehingga tergalang komitmen bersama.

Usai pelatihan, peserta diharapkan mampu menjadi pelatih dan sumber informasi bagi tenaga operator sekolah di daerahnya masing-masing.

Pada 2 April 2014 lalu, Ditjen Dikdas meluncurkan aplikasi Dapodik versi 2.07c. Aplikasi ini dimaksudkan untuk menggantikan aplikasi versi sebelumnya 2.06. Dengan perubahan versi tersebut, operator sekolah diharapkan memutakhirkan aplikasi lamanya ke aplikasi terbaru guna memudahkan pengiriman data.

"Kita menambahkan fitur-fitur baru yang diperlukan," ujar Yusuf Rokhmat, M.T., staf Sub Bagian Data dan Informasi Bagian Perencanaan dan Penganggaran, Sekretariat Ditjen Dikdas.

Selengkapnya silahkan ikuti tautan ini dikdas.kemdikbud.go.id untuk melihat dan mengunduh dokumen terkait.