NISN Tidak Menjadi Syarat UN 2013

NISN Tidak Menjadi Syarat UN 2013 - Ujian Nasional (UN) 2013 sudah semakin dekat. Saat ini sudah mulai dilaksanakan persiapan pendataan peserta ujian nasional 2013. Bagi para siswa yang menjadi peserta UN 2013 yang belum memiliki NISN tidak perlu risau jika sebelumnya timbul pertanyaan apakah NISN menjadi syarat UN 2013. Karena bisa dipastikan belum mempunyai NISN bisa mengikuti ujian nasional atau UN 2013.

Meskipun pemerintah telah menyediakan situs Pusat Layanan NISN untuk pencarian NISN atau nomor induk siswa nasional, namun situs pencarian NISN hingga saat ini belum bekerja normal. Pengusulan NISN baru belum terlayani dengan baik meskipun mekanisme pengusulan telah ditentukan, dan juga terkadang masih banyak siswa yang sudah memiliki NISN tidak atau belum menemukan NISN yang dicari, jika dilacak hasilnya nihil.

Berhubung proses pendataan UN 2013 sudah mulai dilaksanakan, melalui post ini ingin berbagi kabar terkait bagaimana jika siswa yang menjadi peserta UN 2013 belum memiliki NISN. Seperti penelusuran di salah satu blog yang banyak memberikan tentang informasi dan kabar pendidikan, blog di alamat tunas63.wordpress.com memberikan informasi terkait NISN Bukan Syarat UN. Berikut pemberitahuannya tentang pengalaman usul NISN.

Pada Oktober 2012, saya kirim usulan NISN baru ke PDSP Kemdikbud dengan prosedur dan syarat yang diminta namun sampai saat ini belum memperoleh tanggapan.

Kemudian, 6 November 2012, saya kirim "pengaduan" ke Lemdikbud perihal proses usul NISN. Atas aduan saya ini, pada 7 November 2012, saya mendapatkan balasan yang pada intinya, "siswa diperbolehkan mengikuti UN meskipun belum punya NISN".

NISN Tidak Menjadi Syarat UN 2013

Mutasi Siswa Tidak Harus Memiliki NISN

Semoga informasi ini bermanfaat terutama bagi siswa yang belum memiliki NISN sehingga bisa konsentrasi untuk belajar menghadapi UN.

Dan, bagi sekolah/kantor Dinas agar memahami/memaklumi untuk tidak menuntut NISN sebagai syarat mutlak peserta UN, juga syarat mutasi siswa.

Mutasi peserta didik/siswa dapat disahkan dengan pencatatan/surat keterangan pindah dari sekolah asal ke sekolah tujuan. Klik di sini untuk melihat sumber resmi informasi.

NISN Tidak Menjadi Syarat UN 2013

Semoga bermanfaat.