Cek NISN dan NPSN SD, SMP, SMA Secara Online

Cek NISN dan NPSN SD, SMP, SMA Secara Online - NISN dan NPSN adalah standar kode pengenal yang bersifat unik yang dikelola dan dikembangkan oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Cek NISN dan NPSN SD, SMP, SMA Secara Online

NISN adalah singkatan dari Nomor Induk Siswa Nasional, yaitu bagian dari program Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengidentifikasi setiap individu peserta didik atau siswa di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.

Setiap siswa yang terdaftar pada Layanan NISN akan diberi kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah se-Indonesia.

Mekanisme penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut prosesnya dilakukan secara otomatis oleh mesin komputer pada Pusat Layanan NISN. Penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut berdasarkan pengajuan atau masukan (entry) sumber data siswa yang telah divalidasi/diverifikasi oleh setiap sekolah dan atau Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten secara online. Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh Pusat Sistem NISN tersebut ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN.

Sedangkan NPSN adalah singkatan dari Nomor Pokok Sekolah Nasional, yaitu standar kode pengenal satuan pendidikan (Sekolah) yang bersifat unik dan membedakan satu sekolah dengan sekolah lainnya. NPSN adalah kode pengenal yang ditetapkan oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan PDSP dan diberikan kepada satuan pendidikan (Sekolah) melalui dinas pendidikan kabupaten/kota di seluruh wilayah Indonesia. Penggunaan NPSN dimaksudkan untuk kemudahan dalam pengelolaan data satuan pendidikan.

Kode NPSN Indonesia terdiri dari 8 digit angka. NPSN diberikan kepada satuan pendidikan yang masih aktif, di jenjang apapun, mulai TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA.

Cek NISN dan NPSN SD, SMP, SMA Secara Online

Pencarian NISN dan NPSN dari satuan pendidikan yang sudah diajukan dan telah diproses dapat dilihat dan diakses secara online dengan mengunjungi situs atau website resmi dari Pusat Layanan NISN dan NPSN. Terkait aturan dan kebijakan, pertanyaan serta prosedur pengajuan NISN dan NPSN juga dapat dilihat di pusat layanan tersebut.

Untuk mengecek dan melihat NISN dan NPSN SD, SMP, SMA dan setingkat secara online, berikut alamat resmi situs pencarian NISN dan NPSN.

Pencarian NISN | http://nisn.data.kemdiknas.go.id
Pencarian NPSN | http://npsn.data.kemdiknas.go.id

Klik di sini untuk melihat cara mencari NISN di pusat layanan NISN, dan di sini untuk melihat cara pencarian NPSN. Semoga bermanfaat..

Update: Untuk Cek NISN, saat ini pengecekan NISN yang telah diajukan bisa dicek kolektif per sekolah dan dapat dilihat di website Sistem Informasi Peserta Didik Pusat Data dan Statistik Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Untuk melihat post terkait Pengecekan Terbaru NISN Secara Kolektif Per Sekolah silahkan lihat di sini.