Tahap Pelaksanaan Sertifikasi Guru 2013

Tahap Pelaksanaan Sertifikasi Guru 2013 - Sertifikasi guru 2013 dilaksanakan melalui tiga pola yakni penerbitan sertifikat pendidik secara langsung (PSPL), portofolio (PF), dan pendidikan dan pelatihan profesi guru (PLPG). Sebelum melaksanakan sertifikasi guru yang menurut jadwal dimulai April 2013, seluruh calon peserta sertifikasi guru 2013 akan mengikuti uji kompetensi yang berlokasi di masing-masing kabupaten/kota. Uji kompetensi awal (UKA) sertifikasi guru 2013 dijadwalkan pada Februari 2013.

Tahap Pelaksanaan Sertifikasi Guru 2013

Berikut jadwal tahap pelaksanaan sertifikasi guru 2013 sebagaimana dikutip dan digambarkan dalam tahapan prosedur penetapan peserta sertifikasi guru tahun 2013 pada pedoman penetapan peserta sertifikasi guru 2013.

Tahap Pelaksanaan Sertifikasi Guru Tahun 2013

1. Pengiriman Modul/Bahan Ajar PLPG ke Peserta Sertifikasi Guru
Salah satu perubahan yang mendasar dari pelaksanaan sertifikasi guru adalah pemberian modul/bahan ajar PLPG lebih awal. Tujuannya agar guru mempunyai waktu yang cukup untuk mempelajari dan mempersiapkan diri secara substansi dalam mengikuti PLPG. Modul/bahan ajar disampaikan kepada guru yang telah ditetapkan sebagai peserta sertifikasi guru tahun 2013.

2. Penerimaan Modul/Bahan Ajar PLPG
Guru menerima modul/bahan ajar dari LPTK Penyelenggara Sertifikasi Guru segera setelah ditetapkan sebagai peserta sertifikasi guru tahun 2013. Modul/bahan ajar yang diterima guru sesuai dengan bidang studi/mata pelajaran yang disertifikasi. Disamping itu, guru diberi informasi tentang proses PLPG dan tugas-tugas yang harus diselesaikan.

3. Pelaksanaan Sertifikasi Guru di LPTK Rayon LPTK
Penyelenggara Sertifikasi Guru menerima dokumen, protofolio, dan berkas PLPG dari LPMP untuk sejumlah sasaran peserta sertifikasi guru sebagaimana telah ditetapkan. Pelaksanaan sertifikasi guru di Rayon LPTK berpedoman pada Buku 2 Petunjuk Teknis Pelaksanaan Sertifikasi Guru Dalam jabatan, Buku 3 Pedoman Penilaian Portofolio, dan Buku 4 Rambu-Rambu Pelaksanaan PLPG. Pelaksanaan di Rayon LPTK harus selesai pada tanggal 30 Agustus 2013.

Tahapan pelaksanaan sertifikasi guru 2013 yang terkait juga dengan jadwal UKA 2013 dapat dilihat pada matrik/gambar berikut ini.

Tahap Pelaksanaan Sertifikasi Guru 2013
(Klik image untuk melihat lebih besar)

Semoga bermanfaat.