Mekanisme Pendaftaran SBMPTN 2013

Pendaftaran SBMPTN 2013 ~ Pendaftaran SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri tahun 2013 telah dibuka sejak Senin (13/5/2013). Pendaftaran SBMPTN akan berlangsung hingga 7 Juni 2013 mendatang. Dan berdasarkan jadwal, pelaksanaan ujian SBMPTN 2013 akan dilaksanakan pada 18-19 Juni 2013.

Mekanisme Pendaftaran SBMPTN 2013

Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online. Untuk mekanisme registrasi pendaftaran SBMPTN yang harus ditempuh calon peserta, mula-mula calon peserta SBNMPTN terlebih dahulu membayar biaya pendaftaran ke Bank Mandiri, langsung ke teller atau melalui ATM, internet banking atau SMS banking untuk mendapatkan Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan PIN.

Untuk langkah selanjutnya setelah KAP dan PIN didapat, calon peserta SBMPTN membuka laman http://sbmptn.or.id untuk melakukan pengisian data, seperti pilihan program studi dan tempat ujian, pengisian data personal serta berbagai informasi lain yang dibutuhkan.

Setelah semua proses selesai ditempuh, selanjutnya peserta bisa mencetak bukti pendaftaran. Bukti pendaftaran ini nantinya akan digunakan sebagai kartu ujian saat tes SBMPTN berlangsung. Demikian seperti dikutip dari laman Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed).

Tidak seperti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang tidak dipungut biaya alias gratis, bagi peserta SBMPTN harus membayarkan biaya pendaftaran sesuai jurusan yang dipilih.

Adapun untuk jurusan sains dan teknologi (saintek) dan sosial humaniora atau yang biasa dikenal dengan IPA/IPS, peserta harus membayar Rp175 ribu. Sementara bagi peserta yang memilih jurusan campuran atau yang dikenal IPC dikenakan biaya Rp200 ribu.

Khusus untuk peserta bidik misi yang pada saat SNMPTN kemarin belum mendaftar atau sudah mendaftar namun dinyatakan tidak lulus, dapat mendaftar SBMPTN tanpa harus membayar biaya seleksi. Namun, bagi mereka yang dinyatakan lulus SNMPTN namun hendak mendaftar SBMPTN, yang bersangkutan harus tetap membayar biaya seleksi sesuai dengan penjurusan.

Demikian, semoga bermanfaat..