Indonesia Gelar World Culture Forum 2013 Di Bali

Indonesia Gelar World Culture Forum 2013 Di Bali | Idamanseo ~ World Culture Forum (WCF) merupakan sebuah forum kebudayaan internasional yang membahas dan mendiskusikan berbagai isu penting tentang budaya dan pembangunan. Indonesia akan menjadi tuan rumah dalam acara World Culture Forum (WCF) 2013.

World Culture Forum 2013

World Culture Forum, 24-27 November 2013, Bali, Indonesia

Penyelenggaraan World Culture Forum (WCF) 2013 akan berlangsung di Bali pada 24-27 November 2013, dengan tema The Power of Culture in Development. Ajang pertemuan berskala internasional World Culture Forum (WCF) 2013 ini akan dihadiri para petinggi dunia serta pemerhati kebudayaan dari berbagai negara.

Wakil Mendikbud bidang Kebudayaan (Wamenbud) Wiendu Nuryanti, dalam rilis Kemdikbud seperti dikutip Idamanseo (18/10/2013) mengatakan, WCF 2013 di Bali akan menghadirkan 10 menteri kebudayaan. Selain itu juga akan hadir LSM internasional yang bergerak di bidang kebudayaan, serta para pemerhati kebudayaan dari Indonesia dan negara lain.

WCF 2013 akan diisi dengan enam simposium internasional yang akan berlangsung secara paralel. Masing-masing simposium akan menghadirkan enam pembicara dari berbagai negara.

Tema keenam simposium tersebut yaitu Holistic Approaches to Culture in Development; Civil Society and Cultural Democracy; Creativity and Cultural Economics; Culture in Environment Sustainability; Sustainability Urban Development; dan Inter-faith Dialogue and Community Building.

Menurut rencana, World Culture Forum (WCF) 2013 akan dibuka langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudoyono, didampingi Presiden India, Presiden Yunani, dan Perdana Menteri Spanyol.

Diharapkan, WCF dapat menghasilkan deklarasi yang akan diberi judul "The Bali Promise". Penyelenggaraan WCF di Bali direncanakan menjadi forum internasional berkala untuk membahas kebudayaan dengan segala relevansinya, seperti halnya dengan World Economic Forum di Davos, Swiss, dan World Environment Forum di Rio de Janeiro, Brazil.

Sumber: Indonesia Tuan Rumah World Culture Forum 2013
Image: wcfina.org