Tips Sukses Raih Kerja Setelah Lulus Kuliah

Tips Sukses Raih Kerja Setelah Lulus Kuliah ~ Persaingan di dunia kerja saat ini sangat tinggi. Sebagai lulusan yang baru saja lulus dari perguruan tinggi, untuk menapaki dunia kerja sebagai dunia baru tersebut tentu merasa bingung seperti halnya dalam mempersiapkan diri.

Tips Sukses Raih Kerja Setelah Lulus Kuliah

Ada banyak faktor seseorang mudah meraih dan memperoleh pekerjaan setelah lulus dari perguruan tinggi, bisa faktor kemampuan pribadi atau faktor lain di luar diri sendiri. Kesesuaian latar belakang pendidikan atau program studi dengan tren karier yang berkembang bisa jadi menjadi faktor memengaruhi.

Sebagai pemula adakalanya harus mengetahui sejumlah tips agar dapat dilirik perusahaan yang diminati. Apa saja tips itu? Berikut beberapa kiat dan tips yang dikutip dari para ahli bagi para lulusan perguruan tinggi untuk berhasil mencari pekerjaan.

Menunjukkan keterampilan yang dimiliki
Jika pernah berkecimpung menjadi pemimpin pada sebuah organisasi atau aktivitas lain yang menunjukan keterampilan praktis yang dimiliki, tulislah daftar kemampuan tersebut. Selain itu, magang atau praktek juga menjadi media bagi Anda untuk mengasah keterampilan, menambah pengalaman profesional, serta membantu membangun jaringan.

Membuat spesifikasi pekerjaan
Sebagai lulusan perguruan tinggi, sangat penting jika Curriculum Vitae (CV) mencakup sebagian besar pengalaman yang dimiliki. Buat CV Anda dengan memasukan kata kunci, akan lebih baik merinci semua prestasi yang telah diraih hingga saat ini, maupun menyertakan tugas-tugas atau proyek pendukung keterampilan. Selama bidang pekerjaan yang dituju relevan dengan jurusan yang Anda tekuni saat kuliah, maka akan semakin besar peluang untuk diterima. Karena, pihak perusahaan menilai Anda telah lama menekuni bidang pekerjaan sehingga memberikan lebih banyak pengalaman yang relevan.

Memodifikasi pencarian pekerjaan
Tidak terbatas mengajukan lamaran kerja pada beberapa perusahaan tertentu. Modifikasi pencarian kerja dengan bekerja di lembaga kepegawaian, mengajukan diri sebagai karyawan magang, maupun relawan. Langkah ini berguna untuk menambah pengalaman kerja yang dibutuhkan. Saat ini, perusahaan memilih mempekerjakan calon karyawan yang memiliki etos kerja, dan telah mengembangkan keterampilan untuk bidang pekerjaan tersebut.

Melihat bidang pekerjaan yang berbeda
Tidak ada salahnya untuk coba melihat bidang pekerjaan baru yang belum terpikirkan sebelumnya. Karena, banyak orang menemukan passion yang sesungguhnya dan berhasil sukses di bidang pekerjaan yang tidak pernah kita diduga sebelumnya.

Magang kerja tanpa dibayar
Tidak dibayar bukanlah berarti pengalaman kerja yang tidak valid. Anda bisa menawarkan diri untuk bekerja tanpa dibayar pada wirausawan, pebisnis kecil, atau bahkan menjadi relawan ketika terdapat even yang tentunya sesuai dengan jurusan selama kuliah. Melalui pengalaman ini Anda bisa membuktikan diri kepada calon perusahaan impian mengenai kemampuan yang dimiliki, memperluas jaringan, serta menambah jumlah pengalaman kerja.

Jangan berhenti belajar
Lulus kuliah bukan berarti berhenti belajar. Selama menunggu panggilan kerja, perkaya diri dengan membaca, membuka majalah maupun blog industri yang relevan dengan bidang Anda, serta menggali kemampuan sesuai perkembangan zaman.

Tidak putus asa
Tidak menyerah dan tidak putus asa ketika panggilan kerja yang tak kunjung datang. Tetaplah optimis dengan terus melebarkan jaringan maupun melakukan kerja magang untuk memperkaya pengalaman.

Semoga bermanfaat..